Senin, 24 Desember 2012

LINUX UBUNTU


     
LINUX UBUNTU




Dosen Pembimbing :

Disusun Oleh :


                                      Aan Rusman (18110220)


Kelas : 12.3N.07

Jurusan : MANAJEMEN INFORMATIKA




KATA PENGANTAR

        Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah Ubuntu. Sehingga penulisan makalah ini dapat terselesaikan berkat bimbingan dan pengarahan dari Dosen. Oleh karena itu pada kesempatan iniperkenankanlah penulis mengucapkan terima kasih kepada Teman-teman mahasiswa Manajemen Informatika yang telah membantu dalam pembuatan makalah ini, hingga makalah ini dapat selesai tepat pada waktunya. Kami menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itulah kami mengharapkan saran dan kritik demi perbaikan dan kesempurnaan makalah ini dan semoga makalah ini dapat menambah ilmu atau wawasan serta bermanfaat bagi para pembaca. Atas perhatian kami ucapkan terima kasih.




DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
Bab I    Pendahuluan
             I.1. Pengertian Linux Ubuntu
             I.2. Filosofi Ubuntu
Bab II  Pembahasan
             II.1. Rilis
             II.2. Layanan Pada Server Linux Ubuntu
              II.3. Cara Menginstal dan Konfigurasi DHCP         
             II.3. Kelebihan dan Kekurangan Pada sistem Linux
Bab III Penutup
            III.1. Kesimpulan
            III.2. Saran



LINUX UBUNTU

BAB. I
PENDAHULUAN

I.1. Pengertian Linux Ubuntu

Pengertian system operasi linux buntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai software bebas. Asalmula nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "Kemanusiaan kepada sesama". Ubuntu didesain untuk kepentingan penggunaan personal, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.
Proyek Ubuntu resmi disponspori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth.Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Filosofi Ubuntu kedalam dunia perangkat lunak.Ubuntu adalah system operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.
Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan.
Pengguna dengan bebas dapat menjalankan, menggandakan, mempelajarai, memodifikasi, dan mendistribusikan tanpa pembatasan apapun. Namun tetapada software proprietary yang dapat berjalan di Ubuntu.
Ubuntu berfokus pada ketersediaan kegunaan pada orang disfungsi, keamanan dan stabilitas. Ubuntu juga berfokus pada internasionalisasi dana untuk dapat menjangkau sebanyak-banyaknya orang Dalam hal keamanan, perangkat sudo dapat meningkatkan privilege secara sementara untuk melakukan tugas administratif, sehingga akun root dapat terus terkunci, dan mencegah orang tidak terauthorisasi melakukan perubahan system atau membuka kelemahan keamanan.
I.2. Filosofi Ubuntu

Ubuntu mempunyai filosofi sebagai berikut :
1.   bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya
2.   bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam
      bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik
3. bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mendapatkan,mengubah dan       mendistribusikan perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan tanpa halangan apapun



PEMBAHASAN

II.1. Rilis

Setiap rilis mempunyai nama kode dan nomor versi. Nomor versiberdasarkan tahun dan bulan dari rilis. Sebagai contoh, rilis Ubuntu yangpertama, 4.10, dirilis tanggal 20 Oktober 2004. Rilis ubuntu keluar setiap 6bulan sekali tiap bulan April dan Oktober. Rilis ubuntu biasanya terdiri dariberbagai edisi, yaitu edisi Desktop, Server, dan Netbook. Perbedaan mendasarpada ketiganya adalah pada versi desktop terdapat tampilan desktop manager sedangkan pada edisi server tidak ada, hanya command prompt saja.
Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan.

II.2. Layanan Server Pada Linux Ubuntu

Layanan-layanan server yang disediakan oleh Ubuntu Linux antara lain:
1. SSH Server dengan menggunakan aplikasi OpenSSH.
Secure Shell (SSH) merupakan sebuah protokol TCP/IP yang menyediakan layanan pertukaran data melalui jalur yang aman (terenkripsi) antara dua  ataulebih komputer yang tergabung dalam satu jaringan.
Aplikasi yang digunakan untuk membangun server SSH adalah OpenSSH.OpenSSH       merupakan aplikasi berbasis protokol SSH yang berfungsi untuk meremote sebuah komputer dan/atau melakukan transfer file antar komputer.

2. Aplikasi Firewall dengan iptables.
Firewall merupakan salah satu cara untuk melindungi sistem dari ancamankeamanan  jaringan.



3. DNS Server dengan menggunakan aplikasi BIND.
DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpaninformasi tentang namahost maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. Fungsi utama dari sebuah sistem DNS adalah menerjemahkan nama-nama host (hostnames) menjadi alamat IP ataupun sebaliknya, sehingga nama tersebut mudah diingat oleh pengguna internet.

4. Proxy Server dengan menggunakan aplikasi Squid.
Proxy server adalah server (komputer atau program aplikasi) yangmelayani request dari client-nya untuk meneruskan request ke server yang lain.

5. DHCP Server dengan menggunakan aplikasi dhcp3-server.
DHCP(Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yangberbasis arsitektur client-server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan.

6. Web Server dengan menggunakan aplikasi Apache2.
Web server bekerja melalui protolol HTTP. HTTP merupakan protocol komunikasi untuk mengirim dan menerima halaman dalam format hypertext  melalui internet. HTTP adalah protokol standar request response antara client dan server.

7. FTP Server dengan menggunakan aplikasi ProFTPD.
FTP (File Transfer Protocol) digunakan untuk melakukan transfer data dari satu komputer ke komputer lainnya dalam satu jaringan komputer atauinternet.

8. Domain Controller dengan menggunakan aplikasi Samba.
Samba merupakan aplikasi yang mengimplementasikan protokol Server Message  Blok (SMB) di lingkungan Unix/Linux. Fungsi utama dari protokol ini adalah untuk melakukan sharing file dan printer

          Secara umum, Ubuntu Linux merupakan salah satu distribusi linux yangdidukung oleh komunitas yang sangat besar di internet selain dukungan resmi dariCanonical Ltd. sebagai perusahaan yang membangun sistem operasi ini. UbuntuLinux didistribusikan secara gratis dengan media instalasi CD sebanyak 1 buah CD instalasi. Aplikasi-aplikasi lain yang tidak terdapat pada CD instalasi tersebut dapat dengan mudah diperoleh di repository, baik resmi maupun tidak resmi, yang telah disediakan oleh vendor dan komunitas

II.4. Cara Menginstal dan Konfigurasi DHCP
Step 1. Install Paket DHCP Server
sudo apt-get install isc-dhcp-server
Step 2. Edit file yang ada pada /etc/default/isc-dhcp-server
sudo nano /etc/default/isc-dhcp-server
Pada baris ke 11 dari isi file ini (Yang sebenarnya adalah baris terakhir karena file ini pada dasarnya adalah kosong) Anda akan melihat baris:
INTERFACES=””
ubahlah baris ini menjadi :
INTERFACES=”eth0″
Setelah mengedit file ini, jangan lupa untuk menyimpan hasil perubahan sebelum keluar dari aplikasi editor Anda.
Step 3. Edit file /etc/dhcp/dhcpd.conf
Sebaiknnya Anda backup terlebih dahulu file dhcpd.conf, berikut perintah nya :
sudo mv /etc/dhcp/dhcpd.conf /etc/dhcp/dhcpd.conf.original
Kemudian, Login sebagai root.
sudo -i
Buat file konfigurasi dhcpd.conf :
cat > /etc/dhcp/dhcpd.conf <<-EOF
option domain-name "preciseserver.public";
option domain-name-servers ns1.preciseserver.public, ns2.preciseserver.public;
default-lease-time 600;
max-lease-time 7200;
subnet 192.168.2.0 netmask 255.255.255.0 {
range 192.168.2.10 192.168.2.20;
option domain-name-servers 208.67.222.222, 208.67.220.220;
option domain-name "serv.preciseserver.public";
option routers 192.168.2.1;
option broadcast-address 192.168.2.255;
default-lease-time 600;
max-lease-time 7200;
}
EOF
Step 4. Restart service DHCP Server
sudo service isc-dhcp-server restart



III.3. Kelebihan dan Kekurangan Pada system Linux

·         Kelebihan Linux:
o   Linux merupakan system operasi bebas dan terbuka (open source). Sehingga tidak perlu biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux, gratis.

o   Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan system operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker karena masih berbasis teks (DOS).Namun, kini Linux mudah digunakan hamper semudah menggunakan Windows, bahkan masalah style pun, Linux lebih baik dari Windows 7.

o   Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux Karena banyak komunitas-komunitas pengembangnya, semisal sourceforge.net. , atau bila terpaksa kita bisa menjalankan software untuk Windows di Linux dengan bantuan emulator seperti Wine sehingga file .exe dan .msi dapat dijalankan.

o   Keamanan. Hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dsb. Hal ini, hampir tidak terjadi pada Linux. Linux sejak awal didesain multi-user, sehingga bila virus menjangkiti user tertentu, akan sangat sangat sulit menjangkiti dan menyebar ke user yang lain. Beberapa orang berpendapat bahwa Linux lebih aman karena jumlah penggunanya lebih sedikit dibanding Windows, namun anggapan itu tidaklah tepat.

o   Linux relative stabil. Komputer yang dijalankan di atas system operasi UNIX sangat dikenal stabil berjalan tanpa henti.Linux, yang merupakan varian dari UNIX, juga mewarisi kestabilan ini.Jarang ditemui, komputer yang tiba-tiba hang dan harus menekan tombol Ctrl-Alt-Del atau Restart untuk mengakhiri kejadian tersebut.

o   Linux mempunyai kompatibilitas kebelakang yang lebihbaik (better backward-compatibilty). Perangkat keras yang telah berusia lama, masih sangat berguna dan dapat dijalankan dengan baik di atas Linux.Selain itu, tidak pernah ditemui dokumen-dokumen yang lebih baru tidak dapat dibaca pada Linux versi yang lebih lama.Pada Windows, kita seakan dituntut untuk terus mengikuti perkembangan perangkat keras, seperti kasus file .docx (Word 2007-2010) yang tidak bisa dibuka dengan Microsoft Word 2003 atau versi dibawahnya.

o   Dukungan komunitas yang beragam dan menyebar di seluruh dunia.

o   Linux selain gratis untuk digunakan, gratis pula untuk dimodifikasi dan didistribusikan ulang. Bahkan kita dapat mengembangkan distro kita sendiri.

o   Beragam pilihan distro. Hal ini bisa menjadi kelebihan maupun kekurangan.Banyak distro bermunculan, contoh yang popular seperti Ubuntu, Debian, RedHat, openSuSe, Fedora, Mandriva (Mandrake), dsb.Keanekaragaman ini member kita banyak pilihan sesuai dengan kebutuhan masing-masing, namun di satusisi hal ini juga akan membingungkan calon pengguna Linux. Lihat chart distribusi Linux di http://distrowatch.com untuk mengetahui rangking distro-distro Linux.

o   Linux membutuhkan resource yang lebih kecil dari Windows, sehingga cocok untuk komputer dengan spesifikasi minimal. Selain itu hampir semua distro populer menyediakan versi 32 bit maupun 64 bit.

o   Linux dapat berjalan dalam dua mode, modus teks dan modus GUI namun pada umumnya modus teks (terminal) inilah yang menjadi kekuatan Linux. Modus GUI sendiri memiliki banyak pilhan desktop environment-nya seperti KDE, Gnome, BlackBox, XFCE.

·         Kekurangan Sistem Operasi Linux:
o   Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’, takut       untuk beralih dari Windows.

o   Dukunganperangkatkerasdari vendor-vendor tertentu yang tidakterlalubaikpada Linux. Untukmencaridaftarperangkatkeras yang didukungpada Linux, kitadapatmelihatnya di Linux-Drivers.org atau LinuxHardware.org.

o   Proses instalasi software / aplikasi yang tidaksemudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.

o   Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like (seperti Linux), maka mau tidak mau harus mempelajari hal ini. Sehingga syarat untuk menjadi administrator adalah manusia yang suka belajar hal-hal baru dan terus-menerus belajar.

o   Aplikasi-aplikasi di Linux belum seampuh aplikasi di Windows.

o   Struktur direktori dan hak-akses yang membingungkan bagi yang sudah terbiasa dengan   Windows dan belum mengenal UNIX/Linux samasekali.





Bab.III
PENUTUP

III.1. Kesimpulan
Ubuntu akan selalu bebas biaya, dan tidak ada biaya tambahan untuk"edisi enterprise”. Ubuntu menyertakan yang terbaik dalam terjemahan dan prasarana aksesibilitas bahwa komunitas perangkat lunak bebas telah tawarkan, untuk membuat Ubuntu berguna bagi banyak orang mungkin.Ubuntu dirilis secara berkala dan dapat diprediksikan; rilis baru dibuat setiap enam bulan.Kita dapat menggunakan rilis stabil yang ada atau rilis pengembangan saat ini.Setiap rilis didukung selama sekurangnya 18 bulan.Ubuntu berkomitmen penuh pada prinsip pengembangan perangkat lunak open source; Ubuntu adalah komunitas dikembangkan system operasi yang cocok untuk laptop, desktop dan server.Ubuntu berisi semua aplikasi yang kita butuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar